ANALISA PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PT SUZUKI INDOMOBIL MOTOR PLANT CAKUNG MENGGUNAKAN METODE LOGIKA FUZZY

Neli Apriliani

Abstract


PT . Suzuki Indomobil Motor Plant Cakung merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri otomotif, yang menghasilkan kendaraan bermotor antara lain sepeda motor dan mobil. Permasalahan yang dihadapi saat ini oleh PT .Suzuki Indomobil Motor plant cakung yaitu proses pengembangan karir yang kurang efektif dikarenakan penilaian kinerja karyawan belum maksimal dan dibutuhkan evaluasi untuk majunya masa depan perusahaan.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka menganalisa penilian kinerja PT.Suzuki Indomobil Motor Plant Cakung dengan menggunakan metode fuzzy, mamdani, dan perhitungan Uji F dan Uji T. Langkah-langkah penyelesaian dengan menentukan kriteria-kriteria yang akan dijadikan acuan berdasarkan persamaan yang disesuaikan dengan jenis variabel/atribut yaitu absensi, kualitas, ketrampilan, kerjasama, dan pengetahuan. Alat yang digunakan dalam perhitungan menggunakkan fuzzy logic adalah matlab 2010. Dengan adanya penilaian kinerja karyawan menggunakan metode logika fuzzy proses penilaian kinerja karyawan akan menjadi lebih baik, cepat dan akurat. Sistem ini bertujuan sebagai alat bantu perusahaan dalam melakukan penilaian kinerja karyawan.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa kinerja karyawan (X) yang terdiri dari variabel absensi, kualitas kerja , ketrampilan , kerjasama dan pengetahuan memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kinerja karyawan (Y) dengan nilai (nilai t) 0.000 < 0.05. Sebagian hasil uji menunjukkan bahwa variabel absensi paling berpengaruh terhadap variabel tingkat kinerja karyawan (Y) koefisien regresi sebesar 45.4% dengan tingkat signifikansi 0.000. Memiliki t hitung terbesar yaitu 5.079 dibanding variabel lainnya.

Full Text:

PDF

References


Adianto, S., 2017. Penerapan Kendali Cerdas Pada Penentuan Kualitas Produk, Volume 4.

Cahyono, B., 2013. Penggunaan Software Matrix Laboratory. Phenomenon, Volume 1, p. 49.

Fahmi, 2014. Dalam: Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gaya Media.

Hasibuan, 2012. Dalam: Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Askara.

Kusumadewi, 2010. Pengertian Logika Fuzzy. rev. ed. Jakarta: Graha Ilmu.

Kusumadewi, 2010. Pengertian Logika Fuzzy. rev. ed. Jakarta: Graha Ilmu.

Mangkunegara, 2014. In: Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moeheriono, 2012. In: Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, 2012. In: Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuryadin, S. d. S., 2013. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Penilian Kinerja Dosen Dengan Metode Fuzzy Database Model Mamdani..

Pasolong, 2013. In: Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bina Aksara.

Pasolong, 2013. In: Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Rangkuti, F., 2007. Riset Pemasaran. Jakarta: PT SUN.

Rivai, 2013. In: Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Wilson, 2014. In: Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.




Jurnal TEKNOM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2015 STMIK Mercusuar. All rights reserved. p-ISSN 2502-2687 | e-ISSN 2502-2679